BARENHEIM

Barenheim Yogyakarta

Where They At : Perumnas Seturan (depan Goboex Cafe)
What They Sell : German Wurst, Spaetzle, dkk

Ada yang penasaran gimana rasanya masakan khas Jerman?? Kalau Prancis, Italy, atau Inggris mungkin udah ada tempat khususnya. But Jerman ?? Di Jogja sekarang udah ada tempat khusus yang jual menu khas Jerman yaitu di depan Goboex Cafe di daerah Selokan Mataram Seturan (sebelah Martabak Ganteng).

Barenheim Yogyakarta

Owner nya Barenheim ini pun bule Jerman yang tinggal di Solo gan, jadi soal keaslian citarasanya lebih terjamin. Kebetulan pas ane ke sini ada SPG-nya yang kebetulan orang Jerman juga. Yaaa... sudahlah walau ga ketemu ownernya ketemu SPG-nya aja dulu gapapa. Oh ya SPG nya ini bule cowo yang centil banget, akun instagramnya pun udah hitz di Jogja.. coba aja tengok @bulekulineran . Read More >>

Menurut si bule semua bahan yang digunakan Bahrenheim ini diimport langsung dari Indomaret Jerman. Jadi walaupun menunya wurst (sausage) rasanya tidak akan sama dengan sosis-sosis lain yang biasa kita temukan di pinggir jalan. Ah opo iyo bul ?? Raimu ra meyakinkan.. kene tak jajale.

Barenheim Yogyakarta
(real german cheese sausage)

Menu Sosis andalan mereka namanya "Real German Cheese Sausage" (28k). Sekilas penampakannya mirip ama sosis-sosis lain, cuma kalau ini di potong tipis-tipis biar lebih gampang makannya. Dagingnya rasanya light gan, yang menurut ane agak membedakan adalah sausnya. Kejunya lebih creamy dan enak, tapi kalau cuma makan ini jamin ga kenyang gan.

Ane tanya ke si bule kira-kira menu apa lagi yang bisa meluluhkan hati ane. Dia bilang "Kamu harus coba Spaetzle..haha.. begitulah hidup". Sakjane ane bingung iki bule ne ngomong ngalor ngidul terus ra nyambung makanya ane agak bersabar. Ane tanya lagi apa itu Spaetzle, lalu jawab si doi "Haha.. spaetzle adalah sejenis mie yang bentuknya lebih kecil dari Mie di Asia". Hmmm boleh juga ini dicoba secara mie itu menu favorit ane, siapa tau mie nya jerman ini lezat.

Barenheim Yogyakarta
(spaetzle asian style)

Fak! pas "Spaetzle Asian Style" (28k) dateng ga keliatan kaya mie, malah kaya nasi goreng tapi lebih panjang-panjang dikit nasinya. Spaetzle ini aslinya rasanya plain gan, tapi sama si bule udah disulap ditambah dengan paprika dan saus tiram untuk menyesuaikan dengan lidah orang Indo gan, makanya namanya ditambah embel-embel Asian Style.

Rasanya itu memang mirip mie tapi tekstur nya aja yang beda gan, jadi lucu deh pokoknya. Lucu di sini tapi dalam arti positif gan, porsinya untuk harga 28rb menurut ane cukup banyak dan pedasnya nendang. Ternyata untuk level pedasnya agan bisa request sendiri. Untuk telurnya pun agan bisa pilih 1/2 matang atau full matang, yang ini ane pesen 1/2 matang. Duh dekkkk... lelehan telurnya pas dipentung bercampur dengan mie jerman nya memberikan cita rasanya yang aduhai. "LEH UGA" ini mie Jerman !

Barenheim Yogyakarta
(kaiserschmarrn)

Tak lupa ane coba dessert favorit di sini : Kaiserschmarrn (22k). Agan bingung cara bacanya ? Podo cah... wasyu tenan ki le gawe jenengen angel e pol. Kata si bule sih ini adalah pancake asli Jerman, pancake lain cuma imitasi jadi yang asli itu yang ini. Kesabaran ane udah mulai abis sampe sini gan ! Moso bentuke koyo ngene diomong Pancake? ini malah lebih mirip pancake geprek cabe setengah. Si bule nambahin lagi "Haha... jadi selama ini kalian ditipu sama pancake-pancake lain di luar sana yang bentuknya palsu". Ane cuma bisa diem sambil iya-iya aja biar ini bule seneng.

Terima Kasih Tuhan rasa dari Kaiserschmarrn ini ternyata luar biasa enak. Saking enaknya bule yang ngerocos ngomong terus di sebelah ane diemin aja. Ane caplok terus ini pancake yang bentuknya mirip potongan roti kecil dengan kismis di dalamnya. Pancake + Saus  Barenheim ini susah diungkapkan dengan kata-kata... manisnya tuh nagih banget. Fak!..ini salah satu dessert di Jogja yang paling enak menurut saya, terlepas dari semua omongan bule yang membingungkan jiwa dan raga adek.

Barenheim Yogyakarta

Pertemuan pertama ane dengan menu Jerman berakhir dengan manis. Ga perlu jauh-jauh ke Jerman untuk merasakan citarasanya masakan nya. Cobalah agan sempatkan main ke @barenheim dan rasakan sendiri kenikmatan masakan Jerman.

Barenheim Yogyakarta
Barenheim Yogyakarta
Barenheim Yogyakarta




Willst du bis der Tod euch scheidet
Treu ihr sein für alle Tage ?
Nein, nein!

Du, du hast
Du hast mich
Du, du hast
Du hast mich

Rammstein - Du Hast

0 komentar:

Post a Comment