SAMBEL BAWANG BU SANTI

 photo logo_zpsbk1agkgv.png
Where Are They : Jl. Babarsari raya no. 109, Sleman, Yogyakarta, open 11:00 - habis
 photo map_zps40yijheh.jpg

What They Sell   : Segala Macam Penyetan + Sambel


Ayo yang ngerasa penduduk sekitar Seturan - Babarsari ngacung !
Yang belum pernah coba warung sabel bawang Bu Santi ngacung !
Yang ngacung tangan aja jangan bagian tubuh lain !

Yups niscaya hanya segelintir orang yang mengangkat tangannya jika disodori pertanyaan kedua di atas. Secara Sambel Bawang Bu Santi sudah jadi trademark markas mahasiswa kelaparan sejak entah tahun berapa. Pokoknya semenjak ane singgah kos di Jogja di tahun 2004 sudah ada dan sudah ramai.
Read More >>


 photo luar_zpsszqedt8t.jpg

Sampai ane tinggal kuliah dan balik lagi dapet kerja di Jogja pun tempatnya masih sama dan ramai nya masih sama. Semoga saja orang nya yang datang berbeda karena kalau masih sama mukanya berarti yang ane liat setan gan. Omong-omong soal setan ane bingung kenapa pedas sering dibandingin sama setan. Pasti agan pernah denger orang bilang "asuuu pedes e koyo setan... huh hah".
Kasihan kaum setan ini pasti sering bersin atau kedutan karena diomongin manusia. Padahal jelas- jelas ini bukan salah mereka. Mana ada setan bawa senjata cobek, biasanya kan garpu raksasa kaya di film-film.
 photo setan_zps4ukejbpb.jpg


Nah yang selalu bikin ane penasaran adalah apakah rasanya masih sama ?? Ane mengingat kembali flashback masa-masa SMA di mana makan bukanlah prioritas utama. Di mana rasa adalah nomor 4 dan harga nomor 1 (nomor 2 dan 3 nya game dan cewe).

sambal bawang ayam bu santi yogyakarta

Memori indah itulah yang membawa ane kembali ke Babarsari setelah 5 tahun dan mengunjungi warung makan yang masih tampak sama. Dari SPBU Babarsari ke barat sekitar 60 meter sebelum pertigaan Citroli di situlah dia berada.

sambal bawang ayam bu santi yogyakartasambal bawang ayam bu santi yogyakarta
(segala macam yang bisa dipenyet)

Begitu masuk suasananya juga masih sama termasuk lokasi meja,kursi,serta lesehannya. Langsung disambit oleh etalase berisi segala macam bahan baku untuk dipeyet. Sebut saja ayam,bebek,ikan, tempe,terong,tahu,telor,manusia, semua ada di sini. Bagi penyetlovers dan olgalovers pasti hingar bingar kalau masuk sini, tinggal tunjuk lauk lalu duduk manis sambil kepo mantan.

sambal bawang ayam bu santi yogyakarta
(anak emas bu santi)

Yang ane pesen sudah tentu ayam goreng+tempe-nya yang dulu sering menghuni perut kurus ane sedikit demi sedikit. Makan di sini cukup sebut lauk-nya aja gan soalnya nasi nya udah all you can eat + sambel bawang jadi tinggal pesen minumnya.

sambal bawang ayam bu santi yogyakarta
(nasi porsi 1 orang)

Untuk porsi nasinya padahal untuk 1 orang aja datang nya 1 ceting gan gimana ga puas? Dan uhhh sambal bawangnya itu yang kelihatan sorak sorai menantang ingin segera disantap. Tanpa ba bi bu langsung aja ane santap. Nasi uduk sama sambelnya aja udah enak banget gan, pedasnya bikin banjir keringat atas bawah.

Tapi jamin rasa risih karena keringat tertutupi sama nikmat pedas sambal bawang bu santi.Bener deh klamut-klamut terus sampai nafas pun kayanya lupa karena ane ga sadar sempet mikir buat bernapas sebelum nasinya abis.

Ayamnye sebenernya biasa aja sih rasanya gan, tapi sambel nya itu loh yang bikin ayamnya jadi istimewa. Seperti kata orang makan ayam tanpa sambal itu ibarat makan sambal tanpa daging ayam pasti ada yang kurang. Huh hah sampai ga terasa nasi 1 ceting ane abisin sendiri gan, itupun ane masih sanggup nambah sih gan. Tapi ane urungkan karena kata mama ane segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Terima kasih ma pesan-pesan dan doamu tak lekang oleh waktu.

sambal bawang ayam bu santi yogyakarta

Makan super kenyang dan super nikmat di sini dibanderol 26rb (dada goreng,tempe,terong, dan aqua)
Harga yang menurut ane sangat pantas untuk ditebus geliat sambal bawang nya di lidah juragan sampai klimaks. Ahay !


Emancipate yourself from mental slavery
None but ourselves can free our minds
Have no fear for atomic energy
Cause none of them can stop the time

How long shall they kill our prophets
While we stand aside and look? Ooh!
Some say it's just a part of it
We've got to fulfill the book

Won't you help to sing
These  song of freedom?
Cause all i ever have
Redemption song

Bob Marley - Redemption Song

1 komentar:

Unknown said...

tempat makan wajib ne,plus nasi uduk setermoss..;)
btw,good song in the last part.Good luck Gan..

Post a Comment