SOTO & SATE MARANGGI MANG SAMS

 photo logo_zpsfxhspghu.jpg

Where They At : Jl. Kaliurang km. 8,5 Yogyakarta (Utara Siomay Kang Cepot), open 12:00-23:00
                              IG : @maranggimangsams
 photo map_zps8xkslxu0.jpg
What They Sell   : Soto Tangkar, Sate Maranggi, Nasi Bakar, dkk
soto sate maranggi mang sams yogyakartasoto sate maranggi mang sams yogyakarta
(menunye gan)

Jogja memang ga pernah gagal untuk menarik hati segala insan. Mulai dari pelajar, pejabat, aktor, bahkan musisi mancanegara pun bisa kecantol untuk masalah kehangatan dan keramahan kota Jogja.
Atmosfir budaya kraton nya yang masih kental tak lekang oleh waktu yang bisa dirasakan oleh semua kalangan tak terkecuali Mang Sams.

 photo samsmith_zpsolmmrmqu.jpg
(Mang Sams)

Peraih 4 Grammy Award di tahun 2014 dan pelantun single trend di radio "Stay With Me" ini memang multi talenta. Penyanyi kelahiran 19 Mei 1992 ini selain piawai bernyanyi juga pandai meracik soto khas betawi dan bakar sate. Doi walaupun udah kaya dan terkenal tetap ga malu buat ngebuka warung yang mungkin menunya bisa dibilang sepele, emang down to earth banget dia. Mungkin suara Sam Smith yang khas didapat dari seringnya menghirup asap pembakaran sate dari kecil sehingga hasilnya serak-serak jernih. Mungkin juga beliau dulu pernah tinggal di daerah Priuk sehingga bakat memasak soto-nya terasah sejak dini. MungkinRead More >>

soto sate maranggi mang sams yogyakarta

Warung Mang Sams ini luas loh gan, ga usah khawatir masalah parkir. Kalau dari selatan keliatan pelangnya gede warna kuning di kiri jalan.

soto sate maranggi mang sams yogyakarta

Sebenarnya ada beberapa tenant yang nggabung di sini gan, ada nasi bakar,penyetan, dan lain-lain. Tapi ane highlight soto tangkar dan sate marangginya yang special bikinan Mang Sams. Sate Maranggi adalah sate khas saudara kita di Jawa Barat yang biasanya terbuat dari daging Sapi atau Kambing yang dibumbui dengan kecap, Sedangkan soto tangkar kita lebih sering menyebutnya sebagai Soto Betawi di kehidupan yang fana ini.

soto sate maranggi mang sams yogyakarta

soto sate maranggi mang sams yogyakarta
(soto tangkar)

First Soto Tangkar nya gan, ini sotonya pisah gan sama nasi jadi mesti nulis soto + nasi kalau pengen sama nasi kaga ada porsi campur. Rasa soto betawi yg khas dengan potongan daging sapi dan kuah santannya yang nagih. Ane selaku mantan penduduk Jakarta ga pernah bosan makan yang namanya Soto Betawi. Soto Mang Sams ini punya wujud yang sama, didampingi dengan tomat dan tak lupa juga emping unyu siap menggoyang lidah anda.

Rasa kangen saya akan masakan betawi terlampiaskan berkat Soto Tangkar ini secara ga banyak Soto Betawi yang dijual di Jogja dan rasanya seenak ini. Well menurut saya ini salah satu tempat di Jogja yang menyajikan menu Soto Betawi dengan rasa mendekati saudara aslinya dari Jabar. Ane aja sampai nyendok-nyendok terus ke dasar mangkok buat cari secercah daging sapi padahal udah habis saking ga pengen moment ini berhenti.

Wah janc*k puitis banget omongan ane hari ini, mungkin karena masih terbelai rasa Mang Sams semalam.

sate maranggi mang sams yogyakarta
(sate maranggi+ketan)

Sebenernya tujuan utama ane ke sini cobain sotonya gan, tapi ga afdol kalo ga pesan sate maranggi nya juga. Karena menurut mas waitress biasanya satenya udah sold out sore hari, bikin ane jadi penasaran tujuh keliling. And it's worth it gan...... i mean tottaly worh it ! Ane belum pernah coba sate maranggi yang asli Jawa Barat sana, tapi yang ini josss gannnnn. Wujudnya sih kaya sate gosong gitu secara warnanya hitam dari bumbu kecap.

Wow tapi rasanya endes coy dagingnya empuk dan lezat. Terima kasih kakak sapi atas sumbangan dagingmu sehingga bisa diolah seperti ini !Tak lupa sambel oncomnya yang disajikan bersama sate ini gan... JANC*K mantap banget rasanya pedes-pedes gimana gitu cocok banget dimakan barengan sate+ketan-nya. Udah gitu porsi ketan nya gede lagi jamin kenyang dah. Pantas aja kalau dibilang ni menu sering sold out.

es sekoteng mang sams yogyakarta
(es sekoteng)

Es Sekoteng (10rb) di sini hits banget gan... ane jamin dah. Kalau di tanah jawa biasa agan makan sekoteng identik sama rasa jahenya. Nah yang ini adalah Es Sekoteng dari Negara Bogor yang rasanya beda jauh dan menurut ane malah lebih enak. Isinya ada Kelapa, Alpukat, Nangka, sama Jenang Pacar. Bagi agan-agan yang belum punya pacar boleh lah cobain pacar dalam bentuk jenang dulu. Hehehehe..... bengis banget ketawa ane.

soto sate maranggi mang sams yogyakarta
(es kelapa jeruk)

Sebagai penutup jangan lupa pesan es kelapa jeruknya. Hanya dengan 7.500 perak agan udah dapat es klapa muda jeruk dengan gelas jumbo. Ahay kurang apalagi coba, abis makan soto gurih + sate langsung glegek es kelapa jeruk asoyyyyy.


Your touch, your skin
Where do i begin ?
No words can explain
The way i'm missing you

Deny this emptiness
This hole that i'm inside
These tears
They tell their own story

Told me not to cry when you were gone
But the feeling's overwhelming, it's much too strong

Can I lay by your side ?
Next to you, you
And make sure you're alright
I'll take care of you
I don't want to be here if i can't be with you tonight

Sam Smith - Lay Me Down

0 komentar:

Post a Comment