MEDITERRANEA

mediterranea yogyakarta

Where They At : Jl. Tirtodipuran no. 24A Yogyakarta, open 11:00-23:00 (senin tutup)
mediterranea yogyakarta

What They Sell : French Food (menu ada di paling bawah gan)

Jalan Tirtodipuran dan Jalan Prawirotaman yang terletak di dekat Jalan Parangtritis Yogyakarta selama ini dikenal sebagai kampung bule Yogyakarta. Karena memang kedua jalan tersebut dipenuhi spot-spot favorit untuk nongkrong kaum bule dan warga Indonesia yang kebule-bulean. Mediterranea adalah restoran favorit yang sudah menjadi langganan saya kalau mampir ke kampung bule.

mediterranea yogyakarta
(dari luar gan)

Chef Camille Massard Combe atau biasa dipanggil Chef Kamil ini namanya udah beken di Jogja. Beliau adalah mantan chef utama K'meals dan Zango, di mana Chef Kamil berada pasti restoran nya digeruduk dan jadi famous. Hands down for chef kamil, tidak perlu diragukan lagi soal tastenya. Read More >>

mediterranea yogyakarta
(akeh bulene gan)
mediterranea yogyakarta
(ngopo kowe delok-delok dab ??!!)

Pas ane ke Meditteranea kebetulan lagi banjir bule gan. Di mana-mana ada bule entah itu di bar, pojok restoran, sofa, deket wc, sampai tukang parkirnya pun bule gan. Wah ane jadi bingung ini lagi di Jogja apa lagi di Belanda.

mediterranea yogyakarta
(di pojokan pun banyak bulenya)

Ane sama bini milih duduk di ruangan yang paling dalem di Meditteranea yang suasanya romantis gitu gan. Mejanya bundar dan dihiasi oleh gelas berisi lilin bikin suasana makit hotttt. 

Pelayanan di sini sigap banget gan ane salut, waitress nya belum di kode aja udah dateng dan product knowledge nya hebat. Begitu makanan di atas piring habis langsung piringnya diangkat dibawa ke belakang. Begitu juga kalau uang di dompet kita habis tapi belum bayar maka piringnya diangkat dan ditamparkan ke raimu gan. Walaupun nama menunya aneh-aneh mereka tetap bisa ngejelasin komposisi dan rasa produknya. Yang pasti waitress di sini semuanya mahir Speak in English and "Soft Krama" secara konsumennya kebanyakan bule.

Sesuai dengan temanya yang European maka menu pizza yang disajikan di sini adalah Wooden Pizza. Karena emang pizza dari tempat aslinya nun jauh di sana (itali dan banyuwangi) memang pembuatan nya dipanggang dalam tungku dan rotinya pun tipis dengan pinggiran super crispy. Selain pizza banyak juga menu lain yang diunggulkan oleh mereka seperti duck menu dan pastanya.

mediterranea yogyakarta red hot chilly pepper
(Red Hot Chilly Peppers)

Perkenalkan all time favourite menu ane di sini gan "Red Hot Chilly Peppers". Wooden Pizza dengan topping daging sapi, saos tomat, potongan bawang, mozarella, dan potongan cabai ini cocok banget buat lidah orang indonesa. Lelehan mozarella-nya yang pating ndledek pas ditarik benar-benar pemandangan yang bikin ane ngelek idu bolak balik. Potongan cabe merahnya juga memberikan sensasi pedas ala Eropa yang ga mudah ditemukan di restoran lain pokoknya pecah abis rasanya. Ane udah sering bawa tamu ke sini dan selalu misuh-misuh pas sampai slice terakhir saking enaknya gan. Recommended !

mediterranea yogyakarta
(sebut saja mawar)

Menu kedua yang ane iseng nyoba adalah "Poulet Braise Au Feu de Bois, Bulgur de ble et Ratatouille". Ini ane ga lagi sakaw pas nulis gan, emang menunya namanya kaya begitu. Pas ane ngomong ke waitress aja patah-patah sambil nunjuk buku menu "Poule Bres au de Jancuk -nya satu mba". Ane pilih menu itu karena keren aja gan kalau ane posting di instagram dengan makanan yang namanya high intellect gitu pasti follower-follower ane makin kagum.

Ternyata menu dengan nama blibet ini adalah ayam yang dimasak dalam oven dalam waktu cukup lama sehingga dagingnya empuk kaya presto gan. Disajikan dalam piring berisi kuah beserta sayuran dan diiringi oleh Mashed Potato yang bejibun porsinya. Rasa kuahnya unik gan manis-manis kecut begitu, kalau daging ayamnya sendiri empuk banget gan disentuh dikit langsung mengelupas. Rasanya kaya daging ayamnya langsung melompat sendiri ke mulut gan ga perlu pakai tenaga gitu.

mediterranea yogyakarta creme brulee
(creme brulee)

Kalau ke sini jangan lupa pesan menu dessert mutakhir Chef Kamil gan "Creme Brulee a la Vanille de Java". Krim dengan bahan dasar susu dan telur dengan rasa vanilla yang ditutup dengan permukaan caramel yang crunchy. Wow udah kerasa sampai situ belum gan lezatnya ? Jika belum maka anda normal gan, kalau pengen ngerasain ya anda harus pesen di Mediterranea sekarang juga. Menurut saya Creme Brulee terenak di Jogja ya ada di sini, manisnya tu ga bikin enek dan krimnya lumer begitu masuk mulut. Pokoknya rongga mulut langsung dipenuhi oleh erangan-erangan rasa vanilla dan caramel yang ngeblend.

Harga yang dipatok untuk menu-menu di Mediterranea menurut ane cocok dengan citarasa yang bisa anda rasakan gan. Akhirnya ane bisa ngomong ini "Chef Kamil! makanan buatan-mu : Numero Uno"



We may not have all the answers
I know that we can change some of the things that are beyond our control
And the vision of us may be blurry
But use your heart to see
Just follow the beat, the rhythm will lead you right back to me

I will go down to the last round
I'll be your strength to find you when you get lost in the crowd
So I'll stand up tall, if by chance i fall
Then I'll go down as a casualty of love

Jessie J - Casualty of Love


 photo menu1_zpswqiroqai.jpg photo menu2_zpstawojedd.jpg photo menu3_zpszyrpj56l.jpg photo menu4_zpssem43dff.jpg photo menu5_zpssm8e7yef.jpg photo menu6_zps3j57qnkz.jpg

0 komentar:

Post a Comment